Saturday, August 25, 2018

August 25, 2018





Kenapa kita jadi manusia? kenapa engga jadi malaikat aja? Kalau jadi malaikat kan engga bakalan berbuat dosa? Kalau manusia? tiap hari aku berbuat dosa terus. Pernah sekali puasa engga buat dosa. Tapi tetep aja batal. Gimana engga yang begituan banyak dimana-mana gan....(tau lah maksudnya. Kalau penasaran PC ajalah).

Sebelumnya , pernah suatu malam aku keluar. Habis isya tepatnya. Naik motor. Keluyang-keluyung. Mutar-muter. Cuma buat nyari warung yang buka karena emang entah kenapa semua warung langgananku tutup. Yah terpaksa deh aku singgah di warung burjo terdekat. Pesanlah aku satu porsi nasi telor seharga 5500 sama dua pisang molen dua jadi total harganya 7500. Murah engga? Sedanglah ya.... masih wajar....

Back to topic. Mengapa aku pas jalan tadi malah sholawatan? Buat apa coba? Kenapa engga nyanyi lagunya via vallen aja? Kenapa ya?
Aku merenung sambil naik motor (Warning!!! Jangan tiru adegan ini, bahaya gan!!!). sambil naik motor nih aku merenung terus untuk mendapatkan jawaban yang pas. Aku coba masuk ke dalam. Semakin dalam, dalam dan dalam. Sampai akhirnya aku menemukan apa yang kita sebut sebagai ketenangan, kenyamanan, kenikmatan. Apa itu ketenangan, kenyamanan, kenikmatan? Rasanya gitu deh... aku ceritain pake rasa aja ya.. nih..................................................................................................

Udah jelas kan? Ya gitu rasanya.  Pokonya tenang, nikmat, dan nyaman. Entah mengapa kalau ngelakuin hal itu. Rasanya gitu terus. Pokoknya rasa ini engga aku dapatkan ketika aku berbuat dosa. Entah dosa apapun itu. Hehehe....

Kenapa bisa gitu? Emangnya sholawatan itu ngapain sih terus aku kok bisa gitu? Waktu sholawatan aku ini ngelakuin kayak puji-pujian gitu ke Allah. Nyanyi sama Allah, sama Rasul SAW. Intinya gitulah. Ringkasnya.

Selain itu kata salah seorang ustadz gaul belakangan ini bilang kalau memang sholawatan bisa mendekatkan diri kita ke Tuhan. Bener engga sih? Tapi rasanya bisa gitu.

Sekali lagi, pertanyaan lain muncul dalam pikiran kecil ini. Untuk apa kita dekat sama Tuhan? Untuk apa ya? Sekejap aku dapat jawaban melalui rasa tenang, nyaman, nikmat tadi. Lalu muncul pertanyaan lagi, Tuhan itu apa? Tuhan adalah prima causa atau penyebab utama atau penggerak utama kata Bang Aristoteles. Kalau dipikir-pikir dunia seluas ini pasti ada yang buat ya. Masak iya ujuk-ujuk ada gitu? Engga yakin aku.

Yaudah karena tanggapan bang Aristoteles masih cukup masuk akal bagiku, aku pegang dulu sementara. Terus aku tanya lagi, udah gitu aja Tuhan? Masih belum, kataku. Harusnya Tuhan itu tetap memelihara dunia ini sampai  kapanpun. Tuhan tidak boleh lenyap bagaimanapun itu harusnya. Ya iya meskipun kata Niecthze “Tuhan Telah Mati” katanya. Tapi dia itu gila kok. Kata-katanya cukup ngawur pada saat itu. Maklum dia kan filsuf, wajar kalau kurang waras.  Jadi aku masih percaya Tuhan itu kekal abadi.

Back to topic. Mengapa kita harus dekat sama Tuhan? Memang kenapa kalau kita jauh? Kita ini siapa? Manusia? manusia darimana? Dari Tuhan? Diciptakan Tuhan maksudnya? Kalau balik lagi ke pendapat aristoteles sebelumnya tentang Tuhan. Maka seharusnya iya kita termasuk ciptaan Tuhan. Tapi masih aneh bagiku kenapa harus dekat dengan Tuhan? Kenapa engga jauh aja?

Kenapa?

Kenapa hayo?

Btw ini udah malem, aku mau skip besok aja ya bye....

0 komentar:

Post a Comment